Mengenal Musik – Musik dari Mancanegara

Banyak dari kalian sudah mendengar yang nama nya musik , tapi apa kalian tau arti kata atau pengertian dari sebuah musik . Disini kita akan membahas tentang pengertian musik mancanegara , jenis dan sejarah musik mancanegara itu sendiri.

Pengertian Musik Mancanegara

Musik mancanegara merupakan musik yang dipengaruhi adat , tradisi , budaya masyarakat dalam sebuah negara . Musik mancanegara menggambarkan sebuah budaya yang dianut , musik mancanegara juga mempunyai ciri khas , keunikan , dan karakter tersendiri.

Musik mancanegara sudah berperan pada acara pesta panen , acara keagamaan , dan acara perhelatan pernikahan . 

Musik Tradisional merupakan musik yang dipengaruhi Agen Sbobet pada tradisi , adat , dan budaya masyarakat tertentu. Musik tradisi menjadi milik masyarakat bersama. Musik tradisional pada kesederhanaan adalah warisan seni budaya leluhur yang memiliki nilai tinggi . 

Saat ini diberbagai negara didunia mempunyai musik dengan jenis atau macam yang beraneka ragam dan berbeda . 

Makna Musik Mancanegara dan Sejarah Musik Mancanegara

Musik mancanegara bisa diartikan sebagai musik modern , ada juga mancanegara yang merupakan negara yang berasal dari luar negeri dan negara asing . Musik mancanegara merupakan musik yang berasal dari luar negeri dan musik modern dari luar negeri. Disini kita akan membahas beberapa sejarah musik mancanegara , yaitu :

Zaman Yunani Kuno dan Romawi Kuno

Musik Yunani dan Romawi Kuno berkembang pada tahun 500 SM hingga 300 SM ini merupakan menurut para ahli . Dan bangsa Yunani telah menganggap musik adalah salah satu cabang seni yang penting , hingga ada yang beranggapan orang yang berpendidikan tinggi dan berbudi luhur disebut sebagai orang musikal . 

Bagi bangsa Yunani , musik ini memiliki fungsi sebagai :

  1. Iringan Upacara religius
  2. Iringan Upacara Kerajaan
  3. Iringan Drama , Tari Sastra , Atletik , dan Hiburan .

Abad Pertengahan ( Abad V-XVI )

Abad pertengahan terletak pada zaman akhir kerajaan Romawi ( 476 ) dan zaman bangkitnya ilmu pengetahuan dan timbulnya berbagai macam penemuan . Musik dulu nya terdiri satu suara ( monofonik ) dan bertambah menjadi beberapa suara ( polifonik ) .

Musik abad pertengahan dikelompokan menjadi 3 :

  1. Periode permulaan , periode ini musik berkembang sangat lambat hanya meneruskan musik di masa Yunani Kuno dan Romawi Kuno .
  2. Periode pertengahan , periode ini musik gregorian berkembang .
  3. Periode akhir abad pertengahan , periode berkembangnya musik yang tumbuh di luar negeri , yaitu musik duniawi dan musik organum .

Dan masih banyak lagi sejarah musik mancanegara pada zamannya , seperti Zaman Barok dan Rakoko , Zaman Klasik , Zaman Romantik , Zaman Peralihan , dan Zaman Modern . Dan perkembangan lagu disesuaikan dengan perkembangan musik waktu itu , banyak lagu zaman Yunani sampai zaman peralihan berorientasi klasik dan berbentuk seriosa yang diiringi musik orkestra .

Jenis Musik Mancanegara

  1. Musik Klasik merupakan musik diproduksi dalam seni dan berakar dalam . Musik klasik memiliki ciri dan elemen yaitu : didominasi pada musik gesek dan tiup , tidak menggunakn beat secara konstan , dan tidak menonjol . Fungsi musik klasik yaitu meningkatkan kecerdasan majemuk .
  2. Musik Jazz merupakan jenis musik yang tumbuh pada gabungan blues , ragtime , dan musik eropa . Musik jazz memiliki ciri dan elemen yaitu : vokal dan lirik dianggap bagian dari bunyi instrumen . harmoninya rumit , dan ritme atau melodi mempunyai kecenderungan .
  3. Musik Country merupakan campuran musik pada sejumlah unsur musik Amerika serikat bagian selatan dan pegunungan appalachia . Contoh alat musik country adalah gitar bass , biola , gitar , dan harmonika .
  4. Musik Blues merupakan suatu aliran musik vokal dan instrumental yang berasal dari amerika serikat .
  5. Musik Reggae merupakan musik yang berkembang di Jamaika .
  6. Musik Rock adalah musik yang memiliki gaya rithym dan blues .
  7. Musik R & B , musik yang cenderung pada kemampuan improvisasi melodi .
  8. Musik Pop merupakan musik ringan dan sederhana yang disukai oleh masyarakat .

Jenis Musik Mancanegara Kawasan Asia

Musik mancanegara asia mempunyai 4 bentuk yaitu :

  1. Musik Melayu , jenis musik yang kahir dan berkembnag pada kawasan daerah rumpun melayu meliputi Negara Malaysia , Philipina , Brunai Darussalam , dan Singapura .
  2. Musik Oriental , jenis musik yang berkembang dikawasan asia timur seperti Negara Jepang .
  3. Musik Hindustan , jenis musik yang berkembang di kawasan india dan sekitarnya .
  4. Musik Timur Tengah / padang pasir , jenis musik yang berkembang di kawasan timur tengah , musik ini bersifat religius .

Fungsi dan Peranan Musik Bagi Masyarakat

Musik untuk manusia mempunyai peranan bersifat psikologis , sosiologis , pedagogis , dan kultural . Musik mancanegara mempunyai peranan di kehidupan masyarakat , contohnya musik klasik yang bisa digunakan untuk sarana peningkatan kecerdasan .

Musik juga berperan bagi pasien autisme , musik digunakan untuk mengekspresikan diri dengan bunyi musik . Musik ini berfungsi untuk terapi penenang , media hiburan , media pendidikan , dan musik pengiring upacara keagamaan . 

Nilai Estetika Seni Musik Mancanegara

Nilai estetika musik mancanegara dapat kita lihat pada sudut keunikan pada musik lainnya dan musik tradisional . 

Nilai estetika musik mancanegara adalah :

  1. Keindahan unsur melodi , melodi yang merupakan sebuah rangkaian nada pada melodi yang berbentuk ide musikal yang komplit .
  2. Keindahan unsur harmoni , harmoni yang selaras , sepadan , bunyi serentak yaitu pengetahuan tentang hubungan nada di sebuah akord .
  3. Keindahan unsur bahasa , seni musik yang dihasilkan oleh karya yang diwujudkan pada bentuk musik .
  4. Keindahan unsur tempo dan dinamika , yaitu keras lembutnya suara dan cepat atau lambatnya suara dan musik yang dikeluarkan .

Demikian diasta pengertian tentang musik mancanegara yang bisa kita pelajari dan pahami .

Comments are closed.