Tag: Lagu Dunia

Hallo sobat music, apa kabar nih ?.. kali ini, mimin akan membuat sebuah Review mengenai lagu  belanda yang sangat suka mimin dengar yang berjudul Hallo Bandoeng dan juga sedikit mimin selipkan lagu Belanda lainnya seperti Geef Mij Maar Nasi Goreng. Menurut kalian memang aneh, tapi menurut mimin ini lagu enak banget untuk kalian dengarkan. Nuansanya berasa banget kayak kalian itu masuk ke masa-masa Hindia – Belanda sobat.

Awalnya dari keisengan mimin sendiri si, pasaca gabut mendengar lagu-lagu yang sudah sering di putar di hampir seluruh wilayah ntah barat, ntah local, pasti lagunya itu-itu terus. Nah, sesekali mimin nyari lagu nih Asal Belanda dan ternyata mimin ke pincut sama 2 lagu ini. terlihatnya sederhana namun, memiliki makna yang mendalam setelah mimin telusuri mengenai arti dari sebagian liriknya tersebut. Hallo Bandoengnya bukan yang “ Halo, halo bandung… “ itu si Indonesia punya ya sobat.

Kalau kalian dengar nanti, mungkin akan terasa sedikit lucu karena beberapa lirik memiliki pengucapan yang aneh bagi kita da nada juga yang buat terngiang-ngiang ingin selalu doi ucapkan oleh mulut kita sendiri. Nah, langsung saja kalian lihat sedikit review yang akan mimin berikan ke kalian mengenai ke 2 lagu ini ya sobat.

Review Lagu Belanda Geef Mij Maar Nasi Goreng

Jika butuh lagu yang asik-asik enjoy. Bisa nih, kalian dengerin lagu ini. dimana setiap lirik lagu “ Wat sambal en wat kerupuk.. en een god glas bier erbij “ ( bisa-bisaan bukan, liriknya di kasih tahu sambal sama kerupuk wkwkwk ) sama dari lirik “ Geen Lontong sate babi, en niets smakt hier pedis “ kebawah menjadi lirik yang cukup unik buat mimin.

Lagu ini sendiri dari wiki punya memang di ciptakan langsung oleh seorang wanita bernama Wieteke Van Dort biasanya mimin tahu dengan nama Tante Lien di tahun 1977. Dan ternyata nih, dia itu asli dari Surabaya dan tinggalah di Belanda , pada wilayah Den Haag ini. lagu ini tercipta karena adanya sebuah konflik antara Indonesia dengan Belanda yang mengeluarkan sebuah statement mengenai “ Anti Orang Barat “ sehigga, mengharuskan Wieteke Van Dort ini pindah ke Belanda.

Dirinya disana tidak suka sebenarnya dengan iklim dinginnya. Namun, mau enggak mau sobat dirinya harus tinggal di sana dan menciptakan lagu berjudul “ Beri Aku Nasi Goreng “ karena , dirinya rindu akan makanan tersebut. Dan lirik yang sudah mimin tulis di awal tadi memiliki arti “ Beri aku nasi goring dengan adanya telur goring, ditambah cabai, kerupuk dan segelas bir jadi pelengkap”. Pokoknya, kalian harus coba dengarkan lagunya nih sobat, bener-bener nagihin ( Menurut mimin yang udah denger lagunya dari 2 tahun yang lalu ).

Review Lagu Belanda Hallo Bandoeng!!

Lagu ini sendiri di ciptakan langsung oleh William Frederick Christian atau lebih disapa dengan nama Willy Derby di tahun 1929. Untuk lagunya lagi di nyanyikan oleh Wieteke Van Dort. Biar mudah mimin tulis nama terkenalnya saja yah, Tante Lien. Dimana, lagunya di iringi langsung oleh piano dan dinyanyikan pada tahun 1979, yakni 2 tahun setelah lagu Nasi Goreng sebelumnya. Mimin yang mendengar lagu ini pada saat liriknya “ Hallo, Hallo , Bandoeng “ itu kayak sebuah panggilan jauh yang penuh sama penekanan gitu deh. Kenapa mimin bilang penekanan ?.. hal ini karena mimin lihat videonya dan artinya dari Youtube serta Wiki yang menjabarkan kerinduan dari seorang Ibu kepada Anaknya. Kalian bisa menemukannya pada refrain dari lagunya ini. dan didalamnya juga terdapat unsur selamat tinggal. Jika kalian dengar dan rasakan pasti akan terbawa hanyut sama liriknya yang benar-benar membawa kita pada kerinduan ( ya pake bahasa Belanda emang, tapi setidaknya rasanya sampai lah. Kalau gak ngerti, nontonnya sambil baca arti di wiki atau cari di komenan jangan males! Wkwkwk ).

Menurut Wiki Lagu Hallo Bandoeng

Kan tadi versi mimin nih, kalau dari versi wikinya diciptakan tahun 1929 terbuat pada saat hubungan telepon Belanda dengan Indonesia. Dimana, lagunya sendiri memberikan gambaran kesedihan antara 2 orang yang tinggal berjauhan. Yakni seorang nenek di Belanda yang untuk pertama kalinya bisa mendengar suara cucunya tersebut dengan melalui sebuah saluran telepon disaat sang nenek sedang mendekati ajalnya karena serangan jantung ( nah, makin sedih aja kan versinya ). Dimana, disini neneknya menelpon sang cucu di Bandung yang memanggilnya dengan “ Oppoe life, Tabeh Tabeh “ yang artinya “ Nenek ku saying, selamat tinggal, selamat tinggal !! “.

Jika kalian penasaran liriknya yang sedih itu ialah :

  • Lirik “ Wacht eens moeder “.
  • Lirik “ k bracht mijn jongste zoontje me “.
  • Lirik even later hoort ze duidelijk
  • Lirik “ Oppoelief, Tabeh tabeh!! “

Dan memiliki arti ke dalam bahasa Indonesia seperti Tunggu sebentar bunda, aku akan memanggilkan anak bungsuku terlebih dahulu, dan terdengarlah jelas suara anak kecil berkata “ nenek / Opung, Selamat Tinggal, Selamat Tinggal ! “. Selepasnya, sang nenek berbisik kepada Tuhan dan berterima Kasih bisa untuk mendengar suara cucunya untuk pertama dan terakhir kalinya. Lalu telfon terputus dan si nenek sudah tiada di sertai sang cucu yang selalu berseru Tabeh, Tabeh Tabeh!!.

Aduh, mimin nulisnya aja sampai merinding banget ini sobat. Bayangin, kalau mimin di posisi itu juga pasti akan nangis kejer nih L.

Persamaan dan Perbedaan Dari Ke 2 Lagu Belanda Ini

Dari yang sudah mimin jelaskan tadi, tentu saja ada beberapa persamaan dan juga ada beberapa perbedaan yang akan menonjol dari setiap lagu yang di suguhkan oleh Tante Lien ini.

# Persamaan Ke Dua Lagu = dari sini, terdapat persamaan mengenai Kerinduannya akan sesuatu kesayangannya mereka yang berada di Indonesia. Untuk di Lagu Geef Mij Maar Nasi Goreng dengana kerinduannya terhadap makanan Nasi Goreng Asal Indonesia dengan Telur dadar dan juga sambel plus kerupuk. Untuk Hallo Bandoeng ! Kerinduan 2 orang yang tinggal jauh antara Belanda dengan Indonesia yakni daerah Bandung.

# Perbedaan Ke Dua Lagu = mengenai perbedaan cukup jelas. Lagu pertama yakni Geef Mij Maar Nai Goreng kerinduan namun dengan rasa suka cita dalam penyampaiannya yang terdengar jelas pada lirik dan juga nada lagunya. Kalau untuk yang Hallo Bandoeng!!, perbedaan jelas terdapat pada Lirik dan juga nada dari lagu tersebut yang senduru dan benar-benar merasakan akan kesedihan mendalam atas kepergian seseorang.

Ya, itu tadi lagu kesukaan dari mimin yang berasal dari Belanda. Dimanalagunya unik dan artinya tidak di sangka memiliki makna yang lebih mendalam lagi. Kira-kira, besok mimin akan bahas lagu unik dari Negara Mana lagi ya Sobat Music ? apakah dari Negara-negara Eropa, atau justru mengulas lagu unik yang ada di Asia terlebih dahulu ?.. jika penasaran, langsung saja kalian lihat di next artikel saja ya sobat.